Pengertian Negara Maju, dan Ciri-cirinya

Pengertian Negara Maju – Bagaimanakah Sebuah Negara Dapat Di katakan Sebagai Negara Maju? Simak Definisi,Ciri-Ciri, dan Contohnya- Bagaimana sih rasanya tinggal di negara yang sudah maju? Yang pertama dapat kita bayangkan pasti kemajuan dari sektor industri dan teknologinya yang sudah jauh selangkah lebih maju dari negara lainnya, pelayanan fasilitas publik yang baik, pelayanan serta fasilitas kesehatan yang sudah sangat memadai dsb. Pasti akan menyenangkan tinggal di negara yang sudah maju seperti itu.

Tapi bagaimanakah negara bisa di katakan sebagai negara maju? Secara sederhana sebuah negara dapat di katakan sebagai negara maju adalah bertolak ukur pada negara yang sudah sejahtera baik dari sektor ekonomi maupun sosial. Negara maju adalah status yang di berikan kepada negara-negara yang sudah makmur dalam bidang ekonomi dan sosial, berkat keberhasilannya dalam menggunakan kemajuan teknologi terkini.

Negara maju juga dapat di definisikan sebagai negara yang mungkin sudah memiliki standar hidup yang tinggi. Standar hidup yang tinggi ini di mungkinkan karena kesejahteraan masyarakat merata, memiliki perekonomian yang kuat, dan telah beradaptasi dengan teknologi tinggi di berbagai bidang. Dapat di simpulkan bahwa konsep negara maju adalah negara yang memiliki teknologi maju dan tingkat kemakmuran ekonomi yang setara.

Pengertian Negara Maju

Sederhananya, negara yang maju adalah negara yang telah berhasil mencapai tujuan pembangunannya. Sebuah negara dapat di katakan sudah maju bisa berasal dari tingkat ekonomi, kemajuan teknologi, keamanan dan faktor lain yang membuat suatu negara menjadi tempat yang ideal bagi masyarakatnya untuk hidup.

Secara umum, menurut sifatnya,  yang bisa kita lihat dari status quo, negara-negara maju adalah negara-negara yang sudah memiliki teknologi tinggi dan tingkat ekonomi yang setara. Selain itu, negara maju juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan hal ini juga terlihat dari kekuatan militernya.

Negara-negara maju pada umumnya memiliki minat yang besar dalam kerjasama antar negara, sehingga dapat kita lihat bahwa pembentukan organisasi internasional mencakup banyak  negara maju. Negara-negara maju menyadari bahwa kerjasama dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak, misalnya dalam  bentuk kerjasama untuk meningkatkan perekonomian, serta perdamaian.

Ciri-Ciri Negara Maju

Pendapatan per kapita tinggi

Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata seluruh penduduk suatu negara. Dan pendapatan perkapita ini dapat menggambarkan keadaan perekonomian negara tersebut.

Di negara maju, pendapatan per kapita secara alami relatif tinggi. Tingginya pendapatan per kapita ini di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh sebagian besar penduduk dan potensi pengelolaan sumber daya manusia yang berkualitas.

Sebagian besar negara maju tidak lagi bergantung pada potensi ekonominya di sektor pertanian, tetapi pada sektor industri, jasa, dan perdagangan. Selain itu, meningkatnya keberadaan pekerjaan berarti bahwa seluruh penduduk negara maju memiliki pendapatan menengah yang tinggi.

Harapan hidup tinggi

Melanjutkan poin sebelumnya, jika pendapatan per kapita tinggi, harapan hidup penduduk juga tinggi. Rata-rata penduduk negara maju bisa mencapai 60 tahun atau lebih. Hal ini karena pelayanan kesehatan yang baik dan tingkat ekonomi, tidak seperti negara berkembang, sangat rendah. Hal ini di sebabkan oleh pelayanan kesehatan yang buruk dan sebagian masyarakat tidak sadar akan pentingnya kesehatan.

Keamanan  Terjamin

Tingkat keamanan negara maju lebih aman daripada negara berkembang. Ini juga merupakan efek samping dari kemajuan teknologi di negara maju. Seiring dengan kemajuan teknologi, sarana keamanan dan teknologi persenjataan juga semakin baik.

Kesehatan yang Terjamin

Selain terjaminnya keselamatan, kesehatan di negara maju juga terjamin. Hal ini di tunjukkan dengan banyaknya fasilitas kesehatan yang memadai, seperti rumah sakit dan tenaga medis yang terlatih dan terpercaya. Akibatnya, angka kematian di negara maju bisa berkurang dan  harapan hidup  bisa tinggi. Selain itu, dengan  fasilitas sanitasi yang memadai, pertumbuhan penduduk di negara maju juga dapat di kendalikan.

Tingkat pengangguran rendah

Di negara maju,  pengangguran relatif rendah karena setiap orang dapat memperoleh pekerjaan. Salah satu negara maju seperti Amerika Serikat memiliki total tenaga kerja produktif  lebih dari 163 juta orang per Januari 2022 (Statista). Dengan populasi pekerja yang tinggi dan tingkat pengangguran yang rendah, negara dapat di anggap berhasil dalam menyediakan lapangan kerja bagi penduduk produktifnya. Pekerja juga berkontribusi pada PDB per kapita suatu negara.

Negara-negara maju juga memiliki tingkat kemiskinan yang lebih rendah dan jaminan sosial yang lebih baik. Negara-negara maju tampaknya mampu memberikan berbagai dukungan kepada penduduknya yang “miskin”, seperti layanan kesehatan dan kebutuhan dasar.

Masalah di negara maju

Investasi di negara maju mengalir ke negara berkembang

Banyak pengusaha dari negara maju berinvestasi di negara berkembang karena mereka melihat bahwa negara berkembang pembangunan memiliki pasar potensial untuk produk luar negeri dan sangat menguntungkan.

Akibatnya, jumlah investasi di negara maju akan berkurang.

Tenaga kerja dari negara berkembang yang masuk ke negara maju

Meskipun regulasi ketenagakerjaan di negara maju  sudah baik,  arus  tenaga kerja dari negara berkembang juga berdampak negatif, seperti persaingan yang ketat antara pekerja asing dan pekerja rumah tangga.

Kerusakan lingkungan

Banyak perusahaan dari negara maju  masuk ke negara berkembang untuk mengeksploitasi sumber daya alamnya dan pada akhirnya negara berkembang menderita kerugian akibat perusahaan dari negara lain yang disebabkan oleh  negara maju.

Nah, itulah ringkasan dari pengertian negara maju dan ciri-cirinya yang harus kalian ketahui.