Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat, dan Macam-macamnya

Pengertian Jaringan Komputer – Teknologi telekomunikasi memiliki perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut terjadi dengan di dorong karakteristik manusia modern yang saat ini cenderung memiliki mobilitas yang sangat tinggi, mencari layanan yang cepat dan fleksibel, serta lebih cenderung mengejar efisiensi di segala aspek. Komputer menjadi salah satu sasaran teknologi yang berkembang pesat. Hingga kini, komputer bahkan menjadi barang elektronik yang tidak asing lagi bagi kehidupan manusia. Berbeda dengan 10 atau bahkan 20 tahun yang lalu.

Pengertian Jaringan Komputer

Berbicara tentang pengertian jaringan komputer, tentu akan di dapatkan penjelasan yang berbeda-beda. Namun, dari penjelasan yang berbeda tersebut bisa kita simpulkan bahwa jaringan komputer adalah jaringan yang bisa menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain untuk berbagi data, perangkat lunak komputer, hingga aplikasi. Adanya jaringan komputer tersebut menjadikan penggunanya dapat berinteraksi atau berkomunikasi dengan pengguna lain.

Nah untuk memahami lebih detail tetang apa itu jaringan komputer, tak ada salahnya bila kita kaji lebih mendetail tentang apa itu yang di namakan jaringan komputer.

Fungsi Dan Manfaat Jaringan Komputer

Bicara soal pengertian jaringan dan sejarah jaringan komputer, rasanya tak akan lengkap bila tak membicarakan apa manfaatnya. Dan tentu saja, segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti ada manfaatnya. Sama seperti jaringan komputer. Ada beberapa fungsi dan manfaat yang akan kita dapat dalam menggunakan jaringan komputer, yaitu:

1. Bertukar data

Dengan adanya jaringan komputer, setiap komputer dapat menggunakan atau bertukar data yang ada pada komputer lain apalagi jika satu dengan yang lainnya cukup berjauhan. Hal ini tentu akan memberi kemudahan pada pengguna sehingga dapat menghemat waktu dan kerja lebih cepat tuntas tanpa perlu pergi jauh untuk mengambil data terlebih dulu.  Ada beberapa fasilitas yang mendukung dalam penukaran data tersebut seperti FTP Server, Mail Server, Web Server, dan lain-lain.

2. Berbagi media penyimpan

Pemakaian media penyimpan seperti harddisk, disket, atau flashdisk secara bersamaan, apalagi di dukung dengan adanya LAN, membuat penggunaan menjadi lebih hemat biaya, mudah, dan membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Pengguna juga akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan dapat menggunakan alternatif persediaan untuk meyimpan file. Sehingga, apabila komputer yang satu rusak bisa menggunakan salinan file dari media penyimpanan yang lain.

3. Berbagi Printer

Penggunaan alat printer secara bersama tentu akan sangat menghemat biaya karena dalam pembeliannya, kita cukup membeli satu saja dan dapat di gunakan oleh beberapa komputer. Tentu di dukung oleh jaringan. Selain itu, hal ini dapat mempercepat pekerjaan dan tidak sulit di lakukan.

4. Berkomunikasi

Jaringan komputer dapat membantu pengguna untuk berkirim pesan pada pengguna komputer lain. Apalagi jika jaraknya berjauhan. Sehingga, tidak perlu bertemu secara langsung hanya untuk menyampaikan pesan. Hal ini tentu akan lebih menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ataupun yang lain. Berkomunikasinya pun tidak hanya bisa bertukar pesan teks tetapi juga bisa mengirim gambar, audio, ataupun video.

5. Berbagi informasi

Dengan adanya jaringan komputer, tentu akan memberikan kemudahan bagi setiap orang yang sudah terhubung untuk mengakses informasi-informasi dan berita penting yang terjadi baik nasional ataupun internasional. Jaringan komputer sangat membantu penyebaran informasi, dari negara satu ke negara yang lain.

6. Menghemat uang

Seperti pada beberapa poin tadi, sudah di jelaskan bahwa jaringan komputer cukup membantu penggunanya untuk berhemat. Adanya jaringan komputer, membuat pengguna untuk lebih memanfaatkannya pada pembagian sumber daya seperti berbagi daya komputer, hardware, internet, dan lain-lain.

Itulah beberapa manfaat dan fungsi jaringan komputer. Lalu bagaimana dengan jenis atau macam-macam jaringan komputer? Apakah hanya ada satu jenis atau satu macam saja?

Macam-Macam Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan satu kesatuan komputer dan perangkatnya yang saling terintegrasi. Fasilitas ini dapat di gunakan dengan maksimal jika menggunakannya secara tepat. Biasanya jaringan ini di gunakan untuk berbagi pesan dari pengirim atau yang di sebut server ke penerima yang di sebut dengan klien.

Selanjutnya, Jaringan komputer memiliki beberapa kelompok yang di bagi berdasarkan distribusi sumber infomasi data, jangkauan geografis, berdasarkan topologi, media transmisi data, serta peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data. Berikut penjelasannya:

A. Berdasarkan Jangkauan Geografis

Berdasarkan jangkauan geografisnya, jaringan komputer bisa di bedakan menjadi tiga macam, yaitu:

1. Local Area Network (LAN)

Local area network atau yang biasanya di singkat LAN merupakan jaringan kumpulan komputer yang memiliki 1 unit komputer sebagai server dengan beberapa komputer lain sebagai klien. Antara server dan klien dapat saling bertukar file ataupun hardware seperti printer. Jaringan LAN pun hanya mencakup area kecil seperti warnet, warung makan, tempat nongkrong. Luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network atau yang biasa di singkat MAN merupakan jaringan yang memiliki area lebih luas daripada LAN, yakni sekitar 10 hingga 50 km persegi. Jaringan ini merupakan jaringan yang memiliki kecepatan transfer dan terhubung dengan banyak lokasi strategis seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan lainnya. MAN ini bisa di bilang merupakan gabungan dari beberapa LAN. Sehingga, jaringan ini pun tepat jika di gunakan untuk menghubungkan antarkantor dalam satu kota yang memiliki keterkaitan satu sama lain.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network atau biasa disingkat dengan WAN merupakan jaringan yang cakupannya jauh lebih luas seperti negara atau benua. Umumnya, tipe jaringan semacam ini banyak digunakan untuk menghubungkan dua jaringan lokal atau lebih. Tujuanya adalah agar para pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain di lokasi yang berbeda.

B. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data

Berdasarkan distribusi sumber informasi atau data, jaringan komputer bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Jaringan Terpusat

Jaringan terpusat merupakan kumpulan komputer yang terdiridari komputer server dan komputer klien. Komputer klien digunakan sebagai komputer perantara untuk mengakses data dari komputer server. Tipe jaringan ini terdapat terminal yang dikenal dengan istilah dumb terminal, yang mana terminal ini tidak memiliki alat pemroses data.

2. Jaringan Terdistribusi

Jaringan terdistribusi merupakan perpaduan antara beberapa jaringan tipe terpusat. Dalam jaringan ini ada kemungkinan beberapa komputer server ataupun klien saling terhubung dan membentuk suatu jaringan tertentu.

C. Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan

Berdasarkan media transmisi data yang digunakan, jaringan komputer bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pada jaringan ini digunakan media transmisi data berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya. Media transimisi tersebut digunakan agar antarkomputer dapat bertukar informasi atau data yang terhubung dengan internet. Salah satu media transmisi yang bisa digunakan dalam wired network adalah kabel UTP.

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Sedangkan, pada jaringan ini digunakan media transmisi berupa gelombang elektromagnetik. Tentu cukup berbeda dengan wired network, jaringan ini tidak menggunakan kabel tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi atau data antara komputer satu dengan komputer lain. Salah satu media transmisi dalam wireless network adalah wireless adapter.

D. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

Berdasarkan peranan dan hubungan antar komputer dalam memproses data, jaringan komputer memiliki dua jenis, yaitu:

1. Jaringan Client-Server

Jaringan ini merupakan kumpulan komputer yang terdiri dari beberapa komputer klien dan satu komputer server. Komputer server bertugas sebagai penyedia  sumber daya, sedangkan komputer klien hanya dapat menggunakan sumber daya tersebut sebagai penerima.

2. Jaringan Peer to Peer

Pada jaringan ini, tidak ada sekat yang berarti antara komputer server dan komputer klien. Setiap komputer dapat memerankan keduanya dengan kedudukan yang sama. Jadi, komputer server dapat menjadi komputer klien dan komputer klien pun dapat menjadi komputer server.

Begitulah penjelasan panjang dari saya mengenai segala hal yang berkaitan dengan jaringan komputer. Mulai dari pengertian, sejarah, manfaat hingga beberapa istilah dalam jaringan komputer. Semoga bisa membantu kamu menambah pengetahuan dan menyelesaikan tugas-tugas kamu. Pesan dari saya hanya satu, manfaatkan perkembangan jaringan komputer dengan bijak.